Lezat! Inilah Jenis-Jenis Gudeg Khas Yogyakarta

Gudeg memang jadi masakan yang asli berasal dari Yogyakarta, namun bukan berarti Anda yang tidak berasal dari sana tidak perlu tahu jenis jenis gudeg. Tahu apa saja jenisnya akan memudahkan Anda dalam mengklasifikasikan ketika kuliner nanti. Malahan Anda akan terbantu ketika sudah tahu apa saja jenisnya, terbentuknya adalah karena Anda bisa menyebutkan langsung gudge jenis apa yang ingin dibeli kepada penjual nanti.


Penjual gudeg yang ada di Yogyakarta mayoritas menawarkan satu jenis gudeg saja. misalnya restoran gudeg A hanya menawarkan gudeg basah, rumah makan gudeg B hanya tawarkan gudeg manggar, dan lain sebagainya.

Tetak oke-oke saja, karena malahan Anda sebagai wisatawan bisa langsung mencari di mana penjual jenis gudeg yang Anda inginkan.

Mengenal Jenis Jenis Gudeg
Sejatinya ada lima jenis gudeg yang ada di Yogyakarta, yaitu gudeg kering, gudeg basah, gudeg ceker, gudeg manggar, dan gudeg mercon. Mari kita simak satu per satu cirinya supaya Anda semakin kenal.

Sebenarnya antara gudeg basah dan gudeg kering hanya dibedakan satu hal, yaitu sifatnya. Tentu saja gudeg basah memiliki lebih banyak kuah dan hadir dengan bahan-bahan yang basah atau berminyak. Berbeda dengan gudeg kering yang teksturnya cenderung kering dan rasanya lebih gurih.

Dua jenis gudeg ini adalah gudeg yang akan paling sering Anda jumpai, baik ketika berada di dalam Jogja maupun di luar. Untuk Anda yang berencana menjadikan gudeg sebagai oleh-oleh maka pilih saja gudeg kering. Alasannya, pembeda lain antar dua jenis gudeg ini adalah ketahanan. Ketahanan gudeg kering lebih baik daripada gudeg basah yang lebih oke bila langsung disantap.

Gudeg manggar merupakan gudeg yang dibuat dengan kelapa muda atau anggar, yang mana padahal gudeg asli akan dibuat dengan nangka muda. ada juga gudeg mercon yang hadir sebagai gudeg basah atau gudeg kering biasa namun diberi topping cabai rawit warna hijau supaya pedas maksimal.

Terakhir ada gudeg ceker yang merupakan sebuah gudeg dengan bahan paling banyak dipilih adalah ceker.

Share on : Facebook Twitter Google+